Senin, 16 Maret 2009

Sayangi Tubuh Anda, Makanlah dengan Benar

Tubuh kita merupakan suatu anugerah yang sangat besar dari Tuhan YME. Tubuh kita juga merupakan suatu ciptaan yang sangat sempurna dan luar biasa dibandingkan dengan makhluk lainnya yang ada di dunia. Oleh karena itulah, tubuh yang sempurna ini patut kita jaga. Akan tetapi, apakah kita semua sudah sadar untuk menjaga tubuh kita ini?

Salah satu cara yang paling dasar untuk menjaga tubuh kita adalah makan. Makan, mungkin merupakan suatu perkara yang sudah sangat lazim bagi kita. Setiap hari kita melakukan kegiatan makan ini dengan tujuan yang mungkin hampir sama, yaitu mengisi tenaga bagi diri kita agar kita bisa beraktifitas di hari itu. Akan tetapi, apakah kita sudah makan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita? Ataukah malah dengan makan tersebut kita malah merusak tubuh kita?

Sebenarnya cara gampang untuk menentukan apakah kita sudah makan dengan benar atau belum adalah dengan mengukur apakah kita sudah memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita secara seimbang dengan mengikuti aturan yang sudah kita kenal sejak kita SD, yaitu empat sehat lima sempurna. Mengapa harus seimbang? Apabila salah satu saja kebutuhan gizi kita tidak terpenuhi ataupun salah satu yang lainnya malah berlebih maka bersiaplah terhadap masalah kesehatan yang akan segera mendatangi kita. Biasanya, komponen gizi yang paling sering kita kurang konsumsi ialah serat dan vitamin dari sayuran. Kekurangan serat dapat berakibat berbagai masalah pencernaan dari yang paling ringan seperti susah buang air besar hingga yang sangat berat seperti wasir dan kanker usus. Sementara itu, kandungan gizi yang paling sering kita konsumsi secara berlebih ialah gula dan lemak. Sumber gula sendiri yang kita tahu biasanya adalah makanan yang manis saja. Padahal, makanan pokok kita yaitu nasi adalah salah satu sumber gula juga berikut makanan-makanan lainnya yang mengandung karbohidrat. Kelebihan zat gula ini bisa mengarah pada diabetes dan penyakit lainnya. Lemak sendiri biasanya bersumber dari daging dan makanan hewani. Kelebihan lemak sendiri bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh kita.

Selain kandungan gizi dalam makanan, kebersihan dari makanan itu sendiri adalah suatu hal yang sangat penting dan juga sering kita lewatkan. Kebanyakan dari kita makan hanya sekedar mementingkan kenyang dan murah saja, mengabaikan kebersihan makanan dan tempat makan. Kebersihan tempat makan dan makanan itu sendiri mencegah makanan yang kita makan mengandung bakteri ataupun bibit penyakit yang dapat membahayakan diri kita. Banyak sekali penyakita yang dapat menghinggapi kita apabila kita tidak memperhatikan kebersihan makanan, salah satunya ialah diare.

Dengan pemaparan di atas, seharusnya kita sadar bahwa penting sekali menjaga apa yang akan kita makan bagi tubuh kita. Makan, mungkin merupakan masalah sepele. Akan tetapi, makan itu sendiri bisa menjadi masalah yang sangat besar ketika cara makan kita yang salah dan sembarangan sudah menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh kita. Sayangi tubuh kita, makanlah dengan benar.

Comments :

0 komentar to “Sayangi Tubuh Anda, Makanlah dengan Benar”

 

Copyright © 2009 by Bring Back Chaos